Pages

Sabtu, 02 November 2013

bab 3

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Jenis penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto, dimana peneliti melakukan kajian mengenai pengaruh kemampuan mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit komputer (X) sebagai variabel bebas, terhadap hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dengan cara mencari besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. B. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Wangi-wangi Kab Wakatobi. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yaitu Januari sampai dengan februari 2014 C. Populasi dan Sampel 1. Populasi Iqbal Hasan ( 2009:58) “Populasi adalah totalitas dari semua objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulanya”. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Wangi-wangi Kab Wakatobi. 2. Sampel Iqbal hasan ( 2009:58) “Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diambil dengan cara-cara tertentu yang juga memiliki karakteristik tertentu, jelas,dan lengkap yang dianggap bisa mewakili populasi”. yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Wangi-wangi Kab Wakatobi. D. Variabel Penelitian Suharsimi Arikunto,(2002:96) Variabel adalah obyek penelitian atau apa saja yang menjadi titik suatu penelitian Dalam penelitian ini melibatkan dua variabel. yaitu: 1. kemampuan mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit komputer (X), sebagai variable bebas. dan 2. hasil belajar (Y) sebagai variable terikat. E. Devinisi Operasional Variabel Variabel adalah gejala yang menjadi penelitian atau apa saja yang menjadi perhatian penelitian, yaitu : a. Variabel bebas (X) Sugiyono, (2002:21) Variabel bebas adalah variabel yang menjadi sebab perubahan timbulnya variabel terikat. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit computer yang meliputi: Pengenalan komponen perangkat keras computer, Pengetahuan tentang gejala kerusakan pada perangkat lunak computer, Pengetahuan tentang gejala kerusakan pada perangkat keras computer. Variable bebas tersebut di ukur dengan menggunakan angket. b. Variabel terikat (Y) Sugiyono, (2002:21) Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N. 1 Wangi-Wangi. F. Teknik Pengumpulan Data 1. Metode Dokumentasi Menurut Suharsimi Arikunto (1998:132), “Dokumentasi adalah mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, agenda, notulen rapat dan sebagainya”. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari pegawai tata usaha SMK Negeri 1 wangi-wangi untuk data nama siswa dan nomor induk siswa, nilai semester diperoleh dari guru bidang studi , X TKJ SMK N. 1 Wangi-Wangi 2. Metode Angket ( Kuesioner ) Angket yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui ( Suharsimi Arikunto,1998:140). ). Dalam penelitian ini digunakan bentuk angket tertutup, yaitu angket yang kemungkinan jawabannya sudah ditentukan dahulu dan responden tidak diberi kesempatan memberikan jawaban lain ( Masri Singarimbun, 1989 : 177 ). Dalam artian pertanyaannya disertai dengan pilihan jawaban yang sudah ditentukan oleh peneliti, dapat berbentuk ‘ya’ atau ‘tidak’, dan dapat pula berbentuk sejumlah alternatif atau pilihan ganda. Apabila jawaban terlebih dahulu ditentukan pilihannya, maka tertutuplah kesempatan bagi responden untuk menggunakan jawaban lain menurut keinginan sendiri. Bertujuan untuk mengukur pengetahuan tentang gejala kerusakan pada perangkat keras computer terhadap hasil siswa dengan menggunakan metode Likert’s Summated Rating (LSR). Metode ini merupakan penskalaan pernyataan sikap yang menggunakan distribusi respon sebagai dasar penentuan nilai skalanya. 3. Validitas dan Reliabilitas Penelitian a. Validitas Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkatan-tingkatan kevalidan atau kesahihan suatu instrumen (Suharsimi Arikunto, 2002:144). Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dengan Angka Kasar. Rumus Korelasi Product Moment dengan Angka Kasar adalah sebagai berikut: rxy = ……………….( 1) (Suharsimi Arikunto, 2002: 146) Keterangan: rxy : Koefisien korelasi antara x dan y ΣX : Jumlah skor total butir item dari variabel x ΣY : Jumlah skor total butir item dari variabel y ΣX2 : Jumlah Kuadrat skor butir item x ΣY2 : Jumlah Kuadrat skor butir item y N : Jumlah sampel Proses uji validitas menggunakan bantuan program SPSS for windows. Kriteria validitas instrumen penelitian adalah apabila harga rhitung lebih besar dar ipada rtabel, maka instrumen dianggap valid b. Reliabilitas Reliabilitas menunjukkan pada suatu pengertian bahwa suatu instrumen cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrumen itu sudah baik (Suharsimi Arikunto, 2002: 154). Untuk pengujian ini menggunakan metode pengujian reliabilitas Alpha Cronbach, dengan bantuan program SPSS for windows. Rumus untuk menghitung koefisien reliabilitas instrument dengan menggunakan Cronbach Alpha adalah sebagai berikut: (Arikunto, 2002: 173) Keterangan = Reliabilitas yang dicari = Banyaknya butir pertanyaan atau banyak soal = Jumlah varians skor tiap-tiap item = Varians total G. Teknik Analisis Data Untuk menjawab permasalahan dan menguji hipotesis penelitian, maka data yang diperoleh dianalisis dengan teknik-teknik sebagai berikut: 1. Analisis deskriptif Analisis ini bertujuan mendeskripsikan tentang pengaruh kemampuan dalam mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit komputer dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N. 1 Wangi-Wangi. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik deskriptif yang meliputi tabel frekuensi dan persentase, rata-rata/mean (M), median,modus ,varian,dan standar deviasi (SD). 2. Uji Persyaratan Analisis a. Uji Normalitas Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui apakah data yang dianalisis berdistribusi normal atau tidak. Untuk membantu perhitungan, maka proses pengujian dilakukan dengan computer menggunakan program SPSS for windows. Uji normalitas dilakukan dengan memperhatikan nilai signifikan Kolmogorof-Smirnov. Apabila nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi (α), maka data tersebut berdistribusi normal, sedangkan bila nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (α), maka data tersebut tidak berdistribusi normal. b. Uji Linieritas Uji linieritas bertujuan untuk mengetahuai apakah dua variable berhubungan linear atau tidak. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows dengan menggunakn tes of linearity. dua variable dikatan mempunyai linear bila signifikansi ( linearity ) lebih kecil dari taraf signifikansi. c. Uji Hipótesis Untuk mengetahui besarnya hubungan pengaruh kemampuan dalam mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit komputer terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N. 1 Wangi-Wangi maka digunakan rumus korelasi product moment untuk mengetahui seberapa besar hubungan kedua variabel, dalam Arikunto (2002:46) sebagai berikut : r XY= ………………..(2) Keterangan : rXY : Koefisien korelasi antara x dan y ΣX : Jumlah skor total butir item dari variabel x ΣY : Jumlah skor total butir item dari variabel y ΣX2 : Jumlah kuadrat skor butir item x ΣY2 : Jumlah kuadrat skor butir item y N : Jumlah sampel Dalam proses perhitungan menggunakan program SPSS for windows untuk mendapatkan nilai korelasi (r) antara pengaruh kemampuan dalam mendiagnosa gejala kerusakan pada perangkat unit komputer dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N. 1 Wangi-Wangi. Kemudian menentukan nilai t hitung dengan menggunakan rumus t hitung= …………….(3) (Priyatno :2008) keterangan : r : Koef. korelasi sederhana n : jumlah data / kasus